Tiga Cara Kredit Rumah tanpa Uang Muka

Meskipun down payment (DP) alias uang muka dalam kredit kepemilikan rumah (KPR) sangat penting, banyak calon pembeli rumah yang tidak bisa menyiapkan uang muka KPR dengan mudah. Alasannya bermacam-macam, mulai dari sulitnya mengumpulkan uang, sampai dengan asumsi kalau DP yang diminta bank terlalu tinggi karena mencapai 30 persen dari harga total rumah.

Misalnya saja Heru, 44 tahun, mulai pesimis untuk bisa mencicil rumah karena tidak mempunyai uang muka yang cukup. Pria yang bekerja sebagai manajer sebuah restoran ini menganggap seharusnya bank bisa memberi bantuan kredit KPR tanpa harus memberatkan nasabahnya dengan uang muka.

“Kalau dipaksa juga membayar uang muka, sampai kapan pun saya tidak akan memiliki uang, secara saya harus menabung untuk hal yang lain,” curhat Heru kepada Halomoney baru-baru ini.

Yang pasti Heru tidak sendiri. Ada ribuan orang seperti Heru yang saat ini sedang berjuang untuk memiliki rumah tapi tidak punya modal awal.

Sebenarnya Heru tidak perlu galau. Ada tiga strategi untuk  mendapatkan rumah tanpa harus membayar DP. Perlu diakui strategi-strategi itu masih harus dipertimbangkan secara masak supaya kamu tidak salah langkah.

Silakan dilihat beberapa cara kredit rumah berikut ini:

  • Promosi dari Pengembang Rumah

Kamu rajin mengunjungi pameran rumah atau promosi rumah di mal atau pusat perbelanjaan? Nah, cari informasi mengenai rumah yang dijual tanpa uang muka.

Biasanya rumah tanpa uang muka menjadi cara pengembang perumahan berpromosi dalam rangka meningkatkan penjualan rumah mereka. Kalau kamu beruntung, selain tanpa uang muka,  para pengembang ini juga sering membebaskan kamu dari uang kepengurusan KPR.

Promosi rumah tanpa uang muka ini biasanya dilakukan pengembang perumahan kecil yang berharap uangnya bisa berputar dengan cepat karena rumahnya cepat laku.

Namun kamu perlu hati-hati dan harus mengenal pengembangnya dengan baik. Jangan sampai kamu berurusan dengan pengembang yang nakal.

  • Menaikkan Harga Rumah
Courtesy: denmanislandproperty.com

Kamu bisa saja bekerja sama dengan pengembang dengan menaikkan harga rumah dan kemudian mengajukan cicilannya ke bank. Cara ini cukup efektif karena kamu tetap akan membayar semua cicilan kepada bank, tanpa harus membayar uang muka. Sementara pihak developer atau pengembang tidak mengalami kerugian apapun.

Contohnya, sebuah rumah dijual dengan harga Rp100.100.000 dengan DP 30 persen. Maka pihak developer akan mengeluarkan harga baru sebesar  Rp143.000.000

Pihak bank akan membayar 70 persen dari Rp 140.600.000 yaitu Rp 100.100.000 yang merupakan harga total rumah. Nah, kamu berarti tidak perlu membayar uang muka.

Untuk hal ini koordinasi dengan pihak pengembang sangat dibutuhkan. Biasanya pihak pengembang akan membantu karena pada dasarnya mereka ingin rumahnya cepat laku. Selain itu strategi ini dimudahkan karena setiap rumah memiliki harga yang berbeda-beda meskipun berada di lokasi yang sama.

  • Diskon Khusus Penjualan Rumah
Courtesy: jualrumahsemarang.com

Cara ini meminta potongan harga rumah yang kamu incar pada pengembang. Kalau potongan harganya mencapai 30 persen dari harga jual, itu berarti kamu tinggal mengajukan permohonan kredit ke bank untuk pembayaran sisa dari harga rumah.

Namun seandainya harga potongan tidak menjangkau 30 persen, kamu tetap diuntungkan karena bisa mencari sisa uang untuk tambahan uang muka. Itu tentu tidak terlalu berat bukan?

Tentu saja cara ini lagi-lagi membutuhkan kerja sama dengan pihak pengembang. Biasanya rumah dengan potongan harga bisa kamu jumpai dalam pameran perumahan dikarenakan ketatnya persaingan antar pengembang perumahan.

Demikian cara kredit rumah tanpa uang muka. Selamat berburu rumah! Untuk informasi menarik lainnya mengenai kartu kredit, pinjaman tanpa agunan ke bank, serta KPR.

Leave a Reply

  • (will not be published)